Oleh: Fatma | Agustus 17, 2007

Litta STT Tekstil Mencoba Independen

MUNGKIN sebagian orang menganggap kalau kegiatan DKM itu hanya mengaji dan berdiskusi seputar masalah agama, tapi tidak begitu dengan DKM Libaasuttaqwa (litta). DKM yang bernaung di bawah STT Tekstil ini ternyata mempunyai banyak kegiatan dan prestasi.

Litta ini dibentuk sejak tahun 1973. Nama libaasuttaqwa (Litta) ini sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya pakaian takwa atau pakaian yang menutup aurat, sangat menarik karena arti nama Litta memiliki korelasi dengan tempat Litta bernaung yaitu STT Tekstil.

Meskipun bernaung di dalam sebuah universitas, Litta lebih senang menyebut diri mereka sebagai lembaga independen bukan UKM. Kenapa independen, karena untuk meminta perizinan dari kampus untuk melaksanakan kegiatan tidak perlu melalui BEM, tapi bisa langsung ke kampus.

Litta juga mempunyai beberapa program di antaranya program kakak asuh dan An-Nisa. Program kakak asuh ini merupakan kegiatan yang sifatnya continuity, biasanya di program kakak asuh ini Litta memberikan les privat pelajaran umum dan pendidikan agama. Biasanya kegiatan ini mereka laksanakan setiap hari Minggu. Dalam hal perekrutan, Litta tidak membatasi anak-anak dari mana saja yang bisa menjadi anak asuh, tetapi sejauh ini kebanyakan anggotanya berasal dari masyarakat sekitar kampus.

An-Nisa. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini memang difokuskan untuk putri. An-Nisa memiliki 3 program kerja rutin, yaitu keputrian, pengembangan potensi Muslimah (PPM), dan Forwat (forum akhwat). Kegiatan keputrian dan PPM ini terbuka untuk umum, namun kalau Forwat hanya untuk internal Litta.

Rini Agustini Solihat, Ketua Bidang An-Nisa menyebutkan, dalam menyambut Hari Kartini kemarin, Litta melakukan kegiatan bagi-bagi jilbab. “Kegiatan ini kita laksanakan di kampus. Bukan berarti kita tidak mau keluar, tetapi tidak ada salahnya kita mulai dari lingkungan kita dulu yang lebih kecil, ya itu artinya di kampus.” kata mahasiswi angkatan 2003 jurusan kimia tekstil ini.

Selain An-Nisa, Litta juga punya kegiatan yang namanya HIC (Holiday Islamic Course), kegiatan ini berlangsung ketika masa-masa liburan kampus. Biasanya anak-anak dari Litta ini merayakan liburan dengan kegiatan outing ke suatu tempat, meskipun kebanyakan yang mengikuti kegiatan ini adalah anak-anak dari Litta. Kegiatan ini terbuka untuk umum.

Menjelang bulan Ramadan, Litta juga sudah mempunyai agenda yang mereka sebut P3R (Panitia Pelaksanaan Program Ramadan). P3R ini terbagi menjadi 3 kegiatan. Pertama kegiatan pra-Ramadhan, kedua khas Ramadan, dan ketiga adalah gebyar Ramadan.

Untuk kegiatan pra-Ramadan, anak-anak Litta menggelar yang namanya aksi putih. Dalam kegiatan ini, mereka ingin mengingatkan masyarakat, bahwa sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadan. Dalam kegiatan ini juga ada acara tablig akbar.

Khas Ramadan adalah kegiatan yang dilaksanakan ketika sudah memasuki bulan Ramadan, antara lain, bagi-bagi tajil kepada mahasiswa yang berada di kampus dan kepada pengguna jalan yang berada di sekitar kampus STT Tekstil. Mereka juga melaksanakan salat tarawih bersama. Tarawih ini mereka laksanakan dengan anak-anak asuh mereka.

Gebyar Ramadan diisi antara lain dengan festival nasyid dan lomba baju Muslim anak-anak. Selain itu, Litta memberikan fasilitas kepada mahasiswa baru yang datang dari luar pulau Jawa atau luar Bandung. Fasilitas yang mereka berikan antara lain tempat tinggal (untuk beberapa hari), akomodasi, dan makan.

Nah, kalau kawan Kampus ingin melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menjadi semakin dekat dengan sang Khalik? Bergabunglah dengan Litta karena mereka mempunyai kegiatan yang terbuka untuk umum.***

piki ritta regia, kampus_pr@yahoo.com

Naskah asli see http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/082007/16/kampus/ukm.htm


Responses

  1. kok sepi aja akh?
    pada kemana?

    • sepi…. mana update-nya

  2. Ad aja kok akh,-].maklum Mungkin ikhwah qt di kampuz lagi pada Sibuk….apa blum pada tau gitu, litta poenya blog..wallahualam.

  3. Assalaamu ‘alaikum

    Wah, baru tau nih litta punya blog. alhamdulillah dengan adanya blog ini mungkin bisa menjadi sarana untuk mempererat silaturahim, baik diantara pengurus maupun alumni. Gimana kabarnya kampus khususnya litta nih?

    Wassalam

  4. Assalamualaikum wrwb.

    Salam kenal
    Saya uummaarr

    Senengnya ktemu saudara2 seiman seperjuangan di Dunia Lain(Dunia Maya-red)
    Kang Lukman, Kang Dendi, Kang Rizal salam kenal yah

    Trims bwt Teh fatma. Asyik juga yah dakwah di Dunia Maya. Pengen nyoba ah!
    Tapi harus blajar dulu dong.

    Wassalam
    uummaarr

  5. Assalamu’alaikum wr.wb
    Salam kenal,mau ikut meramaikan blog ini.
    biar ramee, ga sepi kaya kata Rizal Tanzil, SST

    Wassalam

  6. kayfa khaluk all ikhwah DKM Libaasuttaqwa…???? Terima kasih atas apresiasinya ya.!
    ukhuwah datang tak disangka, namun kadang bisa berlaku sebaliknya…!!!
    Apapun itu, semoga Allah memperkuat ukhuwah orang-orang yang beriman!
    Jazakumullah Khairon Katsiran..!!!

  7. 2 pekan yg lalu saya maen ke libaasuttaqwa. Alhamdulillah skarang mah masjidnya dah sperti masjid pada umumnya🙂. Mdh2an lebih baik lagi. “Barangsiapa memakmurkan rumah ALLAH, maka ALLAH akan membuatkannya rumah disurga”. Mdh2an rumah kita disurga bertetangga dengan Rasulullah saw, sahabat2 dan para syuhada. Amiin.
    Bwt T’Tyka, salam bwt all pengurus.Fight3x

  8. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mengapa pacaran diharamkan? Apakah itu mendekati perzinahan? Mengapa orang menggantinya dengan taaruf? Apa dengan ta’aruf ada jaminan menutup perzinahan? atau mungkin itu hanya sebatas nama? Sementara nama tidak akan merubah hakikat dan hukum.
    binatang yang diharamkan dalam qur’an adalah khinzir apakah babi pun haram? Orangpun menamakannya dengan celeng… islam punya aturan yang memang sempurna perlukah kita menambah dan menguranginya? aturan tetap aturan dan Islam tetap Islam.

  9. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    pada kemana nih angkatan 98…??
    jalinkan silaturahmi lagi dong!

  10. disini qt prnah b’temu,,,m’cari warna seindah pelangi… ketika kau mengulurkan tangan mu,,,,m’bawa ku ke daerah yang baru…LIBASUTTAQWA,,,,

  11. assalamualaikum wr. wb.
    terusterang saya surprised (krn senang, bukan krn heran) lihat litta ternyata punya blog (ini berkat “teh fatma” ngundang saya di FB), dan kelihatannya pun cukup aktif. insya Allah jadi penyambung silaturahim dan membawa banyak kebaikan. mudah2an masih blm terlalu telat utk menyampaikan selamat. di lain sisi saya juga surprised (kalo ini saking sedihnya) lihat situs web kampus kita terbengkalai dan mati …😦

  12. Asslmkum,,

    biarpun bukan anggota aktif DKM boleh ikutan pada semuanya?…salam buta duratul,rahman…dah pada punya anak y?

    wsslmkm,,

    zaenal

  13. Assalamu’alaikum

    Wah akhirnya aku baru tau,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Litta Punya Blog,,,mbak Fatma tambah lagi kategorinya ,,,,,, bagus ni untuk silaturahmi.
    Angkatan 2000 Pa kabar salam to,,,,,Duratul, Anton, Muji, Muis, Rahman, Jamil, Martono,Ahm, Adi Sucipto, Pak Tyo,,,,,,sakieu heula engke disambung deui,,,,wassalam

  14. BANYAK YANG MW DIUNGKAPIN

  15. ok dul hubungi d hp 085695095453..thx b4

  16. assalamualaikum…
    dh lm g kkmpus, dh banyak yg brubah terutama mesjidnya nampak berbeda dari sebelumnya,trus-trusan dipoles…
    dakwahnya jg mesti lebih semangat lg,mari kita ramaikan mesjid dengan ibadah dan kegiatan2 yg positif…
    blog ini juga y!

  17. Ass kaifa haluq ikhwan akhwat 03

  18. kamana wae atuh juragan? di sms ngumpul tanggal 1 teu ngabales?
    kumaha?

    • Akh apep ana ngak terima sms antum, eh katanga daud akan segera menyusul antum ya?

  19. To All AKTIVIS Muslim STTTekstil
    ” Sedikit saja hanya memberi bantuan kepada orang lain yang sangat membutuhkan.Berupa materi,tenaga,pikiran waktu,apaun itu dan orang lain merasa bahagia sesungguhnya itulah kesuksesan dan kebahagiaan sejati,syukuri dan rasakan betapa Alloh yang rahman memberi kekuatan dan memupukan kita melakukan itu,yakinlah akan ada kesuksesan-kesuksesan kecil lain mengiringi dan itulah awal kesuksesan besar. TAKBIR

  20. Ana lagi butuh bahan combet n cardet ada yang punya ngak d tunggu infonya ke Izky (08179298317)

  21. akhwat : WWW, alhamdulillah nahnu bikhoir..kpn silaturahim lg niy

  22. assalamu’alaikum Wr. Wb

    salam knal neah buat litta?yang pasti teruskan perjuangan menegakkan islam di muka bumi terutama di KAMPUS,yang anak2nya udah pada lupa ama ahkerat??//

  23. assalamu’alaikum
    alhamdulillah… bisa silaturahmi lagi nih, kangen juga ya ama Litta dah lama ga kesana.. Buat pengurus Annisa, adain kumpul2 dong bareng alumni


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: