History

Sejarah Singkat

DKM Libaasuttaqwa merupakan Suatu Lembaga Independent yang bergerak dalam bidang keislaman, memiliki 2  fungsi yaitu sebagai Dewan Kemakmuran Masjid dan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang Berorientasi kepada agenda-agenda keumatan,terkait Syiar Keislaman dan Pelayanan Umat. Libasuttaqwa yang biasa dikenal dengan sebutan “LITTA”, terletak  di lingkungan kampus Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STT-Tekstil atau ITT) Bandung Jl.Jakarta No.31, Berada di kawasan Bandung Tengah, tepatnya di sekitar daerah kecamatan Cicadas. Nama Libaasuttaqwa Sendiri memiliki arti yang identik dengan Latar Belakang kampus STT-Tekstil/ITT sebagai perguruan Tinggi dalam bidang Pertekstilan, Libaasuttaqwa diambil dari Bahasa Arab yang artinya “Pakaian Taqwa”, yang tertera dalam Al-Qur’an Surat Al-A’aaraf: 26.

Secara Historis sampai saat ini keberadaan Libaasuttaqwa amatlah kental di kalangan masyarakat Cicadas. bahkan di skala bandung raya. Karena dahulu di masa kejayaannya di era 80′ Masjid Libaasuttaqwa merupakan salah satu pusat kegiatan Keislaman terbesar di Kawasan Bandung Tengah, Layaknya Salman ITB, Masjid Raya Ujung Berung dan Masjid Istiqamah yang memiliki pengaruh Cukup Besar dalam memberikan Nuansa Keislaman Bagi Masyarakat Sekitarnya. Hegemoni aktivitas keislaman dari masyarakat dahulu terlihat begitu Nampak dan antusias. Kegiatan Syiar dan Pembinaan keuamatan seperti Ta’alim, Mentoring,Kelompok Pengajian, kegiatan kepemudaan dan event Kegiatan Hari-hari Besar Keislaman lainnya begitu semarak, mampu mewarnai dan memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Bahkan tidak sedikit orang dari beberapa daerah di kota bandung menjalankan aktivitas mengaji secara rutin di Libaasuttaqwa. Subhanallah.

Ternyata sebelum menjadi bangunan masjid, Masjid Libaasuttaqwa dulunya adalah “Gudang Kapas” lho!!! Dipakai untuk menyimpan persediaan bal-bal kapas untuk kebutuhan produksi Pemintalan. Sekitar tahun 70an bangunan tersebut akhirnya di rombak, di alih fungsikan menjadi Bangunan Masjid yang permanen hingga sekarang. Dalam perkembangannya Masjid Libasuttaqwa mengalami beberapa renovasi, terkait dengan kondisi fisik dan fasilitas masjid yang sudah tidak layak karena usia bangunan yang sudah cukup lama. Berkat inisiatif dan kerja keras Akang dan Teteh Pengurus 2003 dan 2004 dibuatlah suatu lembaga PFM (Pembangunan Fisik Masjid), yang mencoba menggalang dana dari beberapa pihak untuk membantu proyek renovasi. Alhamdulillah, Pada awal tahun 2008 renovasi Masjid Tahap 1 mulai berjalan untuk membenahi beberapa fasilitas terkait dengan fisik masjid yang sudah kurang layak. Setahun kemudian Dilanjut dengan renovasi tahap 2 sebagai tahap akhir yaitu pembenahan ruang kesekertariatan,interior masjid, halaman dan pembangunan Koprasi. Renovasi selesai pada tanggal 7 agustus 2009, diresmikan secara resmi oleh Dirjen Perin dustrian Agus Tjahajana beserta beberapa perwakilan Civitas Akademika.

Kalau kita lihat masa kejayaan Libaasuttaqwa dulu, begitu besar  faedah dan segala kebaikan yang pernah kita Sumbangsihkan&dedikasikan bagi masyarakat Sekitar waktu itu. Walau dengan kondisi Fisik Masjid dan Fasilitas yang masih seadanya. Nah,kondisi fisik masjid sekarang sudah jauh memadai dibanding beberapa waktu lalu, Jadi, Siapkah Kita untuk Makmurkan Masjid kita tercinta mengembalikan kejayaannya seperti dulu,Menjadi Pusat Peradaban?

Masjid Tempo Dulu


Bangunan Masjid yang dulunya adalah gudang Kapas


Masjid Sebelum di renovasi 2006


Renovasi Tahap Akhir 2009

 

 

Responses

  1. assalamualaikum,, wr.wb
    untuk melanjutkan estafet kepengurusan dan Dakwah Kampus STT Tekstil Bandung 1430 H. akan diadakan Dauroh Pengurus 1 susulan yang dilaksanakan pada :
    hari/ tanggal : sabtu-ahad/30-31 mei 2009
    tempat : Bukit Firdaus
    kami dari panitia dan pengurus, memberikan ladang amal kepada semua kader dan pengurus serta alumni untuk dapat memberikan bantuan berupa moril maupun materiil demi kelancaran dan terwujudnya cita-cata Dakwah Kampus.

    jazakulmullah khoiron katsiro

    ketua pelaksana
    waris

  2. Assalamu’alaikum…

    Dewan Masjid Indonesia(DMI) – Wilayah Bogor Barat
    http://dmibogorbarat.getforum.org/
    http://dmibogorbarat.wordpress.com/
    http://dmibogorbarat.multiply.com/

    Wassalam

  3. Assalamualaikum
    saudara saudari semuanya
    Apa itu jalan syari’at ,tarekat dan ma’rifat ? mohon pencerahannya dari mas-mas dan mba-mba yang baik hatinya. semoga pencerahannya bermanfaat, Terima kasih sebelumnya.

  4. Wa’alaikumusalam
    Oh ya kang syarif,setau sayah
    maaf baru balas, syariat itu, hukum, aturan
    Tarikat itu, Jalan atau cara
    dan Ma’rifat itu mengenal, mencari tahu, menyelami
    biasanya ke tiga istilah itu ada di dalam istilah sufisme,..
    berkaitan bagaimana cara kita agar bisa dekat dengan Allah dan senantiasa hadir dalam diri kita,..

  5. asalamulaikum

    liat foto mesjid DKM libasuttaqwa skarang subhanalloh pisan euy…..mudah2an kepengurusanya dan da’wahnya sekokoh dan seindah mesjidnya…..sudah lama rasanya tidak berkunjung ke mesjid tercinta ini….

    Fikri

  6. assalamualaikum…
    kang mohon izin artikel nya di copy bwt mading KMI tp insya allah ada sedikit perubahan…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: